Asiknya Kopi Hitam Menteri Susi

By  |  0 Comments
Sahabat rasakopi.com, Nama Susi Pudjiastuti langsung mencuat ketika ia diangkat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan oleh Presiden Jokowi pada Oktober 2014 lalu. Eksportir hasil perikanan sekaligus pemilik perusahaan penerbangan Susi Air itu merupakan menteri memiliki gaya ceplas-ceplos dan cuek.

Susi juga dikenal sebagai sosok yang lantang menentang setiap bentuk praktek pencurian ikan. Dibalik semua itu ada kebiasaan unik yang dimiliki Susi, yakni ngopi.
Beberapa momen unik Susi saat ngopi bahkan berhasil direkam para awak media. Seperti apa momen unik tersebut? Berikut ulasannya :
Rapat Perdana Membawa Mug Berisi Kopi Hitam
Momen unik terjadi ketika Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti untuk kali pertama beraktivitas di kantornya di Jalan Medan Merdeka Timur, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (28/10/2014) pagi.
Seusai blusukan ke setiap ruangan di kantor untuk bersalaman dengan para staf dan pegawai, Susi kembali ke ruangan kerjanya. Dia hendak berdiskusi santai dengan lima direktur jenderal (dirjen) dan tiga kepala bidang di sofa ruangan kerjanya.

Sementara para dirjen dan kepala bagian menunggu beberapa saat di sofa itu, Susi mengambil mug ukuran besar berisi kopi di meja kerjanya untuk dibawa sambil rapat. Sang ajudan pun menyodorkan tangan untuk membawakan mug itu. Namun, Susi menolaknya.
“Saya bisa bawa sendiri. Ini kan kopi. Kopi saya, masa orang lain yang bawa,” ujar Susi cuek.
Sang ajudan hanya mengangguk menuruti permintaan sang menteri. Dia mengurungkan niat untuk membantu.
 
Ngopi Di Tempat Pelelangan Ikan
Saat melakukan kunjungan ke tempat pelelangan ikan (TPI) di Pangandaran, Sabtu (1/11/2014), Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti tiba-tiba disodori segelas kopi hitam oleh seorang nelayan. Sang menteri yang sedang dikerumuni warga setempat dan para wartawan pun menerima kopi tersebut.
“Tadi ibu Susi kecapean, saya nawarin kopi. Ibu inginnya kopi hitam saja katanya,” terang Enung (51), salah seorang warga yang menyuguhkan kopi tersebut kepada menteri perempuan yang diketahui biasa berjalan cepat tersebut.

Menteri Susi bersama anak serta rombongannya duduk di sebuah tembok di pinggir gedung TPI. Dengan terlihat santai dan keringat bercucuran di wajahnya, Susi pun menerima warga yang hendak bersalaman dengan dirinya secara bergantian.
Warga pun rela berdesak-desakan hanya untuk bisa bertemu dan bersalaman dengan Menteri Susi. Sesekali, Susi pun meminum kopi hitam dengan gelas biasa yang dipakai oleh pedagang warung kopi yang berderet di pinggir pantai.
“Ibu sudah biasa dari dulu nongkrong di TPI. Emang begitu gayanya, apa adanya, sambil ngopi,” tambah Enung.
Ngopi Di Atas Kapal Perang
Ini mungkin salah satu momen terunik Susi saat ngopi. Sambil menyaksikan proses penenggelaman kapal nelayan ilegal Vietnam, Menteri Susi nampak asik menikmati secangkir kopi.
Momen ini terjadi di atas Kapal Perang KRI Barakuda di Perairan Dempo, Tanjungpinang, Provinsi Kepri, Senin (9/2/2016).
Dengan mengenakan baret di kepalanya, Menteri yang dikenal cuek ini pun tampak tangguh di atas kapal perang.
Unik bukan gaya ngopi Menteri yang satu ini?
Sumber : sripoku.com, kompas.com

Leave a Reply

%d bloggers like this: