Indonesia Produsen Utama Kopi

By  |  0 Comments
Sahabat rasakopi.com, ‎Indonesia saat ini tercatat sebagai negara produsen utama kopi dunia setelah Brazil dan Vietnam. Dengan luas areal 1 juta 233 ribu hektar,  sentra pengembangan komoditas kopi Indonesia saat ini mencapai produksi 664.400 ton biji kopi.‎

Petani kopi daerah (Sumber: www.cnnindonesia.com)

Provinsi penghasil kopi terbesar di Indonesia adalah Sumatera Selatan. Berdasarkan data Kementerian Pertanian, daerah tersebut menyumbang produksi kopi tanah air sebesar 20,36%. Sementara provinsi Lampung merupakan provinsi kedua yang mampu menyumbang sebesar 16,40%.
Meski masuk sebagai produsen utama kopi dunia, namun produktivitas ladang kopi di Indonesia baru mencapai 721 kilo gram tiap hektarnya. Angka tersebut masih jauh dari harapan pemerintah yang mentargetkan hasil produksi sebesar 2,5 ton/ha.
Untuk meningkatkan produktivitas kopi tanah air, pemerintah melalui Kementerian Pertanian akan merehabilitasi pohon kopi yang sudah tidak produktif.
Penggarapan dilakukan dalam jangka waktu 4 tahun kedepan dengan anggaran sebesar 3 trilyun rupiah. Selain itu terdapat fasilitas pinjaman dari pihak perbankan berupa Kredit Usaha Rakyat yang nilainya 100 trilyun rupiah.
Selain sebagai sumber devisa negara dan pendapatan petani, komoditas ini dapat menciptakan lapangan kerja bagi para petani penggarap, dan dapat membangun wilayah serta mendorong agribisnis juga agroindustri.

Kopi siap panen (Sumber: citraindonesia.com)

Kebon kopi di Indonesia di dominasi oleh perkebunan rakyat sebanyak 96%, yang mampu menciptakan lapangan pekerjaan bagi 1,79 juta kepala keluarga dengan rata rata luas kepemilikan sebanyak 0,6 ha.
Kopi di tahun 2014 mengantongi volume ekspor sebanyak 384.816 ton dan ditahun 2015 meningkat menjadi 471.900 ton.

Leave a Reply

%d bloggers like this: