Inilah Perbedaan Beberapa Rasa Kopi

By  |  0 Comments
Kopi Arabika (Java) – Light Roast

Dalam dunia kopi ada istilah yang seringkali kita dengar, yaitu proses pemanggangan kopi hingga menjadi kopi matang, yang disebut roasting. Roast yang dalam bahasa inggris berarti memanggang, untuk kopi ada tiga tingkat roast (tingkat panggang) yakni Light Roast, Medium Roast, Medium-Dark Roast, dan Dark Roast. Adapula tingkat roast yang lebih spesifik seperti french roast, vienna roast, cinnamon roast, dll, yang biasanya istilah roasting kopi itu dipakai oleh para roaster / profesi penyangrai kopi dunia.

Kopi Arabika (Flores) – Medium Roast

Tapi mari kita bahas tingkat roasting kopi yang paling pas dalam memanggang Kopi Arabika Indonesia. Kita akan berbagi cerita ketika proses roasting kopi sehingga menghasilkan kopi dengan rasa dan aroma yang istimewa. Kopi itu ketika proses roasting akan mengalami dua letupan yakni yang pertama (first crack) dan letupan kedua (second crack).

Kopi Arabika (Sidikalang) – Medium-Dark Roast

Dalam roasting kopi, green bean atau biji kopi mentah akan dimasukan ke dalam mesin roasting. Setelah itu kopi akan berubah warna, dari hijau, kuning, kuning kecoklatan, coklat muda, coklat tua, coklat kehitaman, sampai terakhir manjadi hitam. Aromanya pun akan berubah pada setiap menit proses roasting kopi. Sangat unik dan mempesona.

Kopi Arabika (Aceh Gayo) – Dark Roast

Light Roast adalah tingkat roast dengan biji kopi berwarna coklat tua. Medium Roast adalah tingkat roast dengan biji kopi berwarna coklat tua cenderung gelap. Medium-Dark Roast adalah tingkat roast dengan warna kopi coklat gelap dengan sedikit minyak keluar di permukaan bijinya. Sedangkan Dark Roast adalah tingkat roast dengan biji kopi berwarna gelap yang diselimuti minyak di permukaan bijinya. Ketiga tingkat roasting ini mempunyai rasa dan aroma yang berbeda yang sama-sama luar biasa enak dan nikmat.

Sumber: http://www.kopijavalorek.com

Leave a Reply

%d bloggers like this: