Mengapa Kopi Lanang Harganya Mahal?

By  |  0 Comments

Kopi lanang diyakini mampu meningkatkan gairah seksual dan menambah vitalitas hubungan suami istri. Apa karena manfaat itu harga kopi lanang cukup mahal?

hipwee-o-couple-talking-facebook-750x375

Sebelum membahas soal harga, kita kenali dulu apa itu kopi lanang atau peaberry. Ketua Asosiasi Petani Kopi Indonesia (APEKI) Jawa Timur, Bambang Sriono mengatakan kopi lanang dihasilkan dari sebuah proses penyerbukan yang tidak sempurna atau kelainan genetika. Hal itu disebabkan oleh ketidak seimbangan pengiriman zat makanan pada saat pembuahan karena pohon kopi sedang stres.

bambang-sriono-1

Foto Bambang Sriono, Sumber: Facebook

Kopi dengan penyerbukan sempurna menurut Bambang akan menghasilkan biji dua (dikotil) dalam satu buah kopi (cherry). Sedang penyerbukan tidak sempurna akan menghasilkan biji tunggal (monokotil). Saat ini produksi kopi lanang hanya berkisar 2-5% dari total produksi buah kopi secara keseluruhan.

kopi-lanang-2

Lantas apa yang membuat harga kopi lanang itu mahal?

“Dari pengalaman, dalam 100 kg setelah disortir dihasilkan kopi lanang 1500 gram. Biaya sortir pun mahal karena dilakukan secara manual” terang Bambang.

kopi-lanang-1

Kopi lanang sendiri dijelaskan Bambang mempunyai citarasa mendekati kopi luwak, sehingga harga kopi lanang hampir sama dengan kopi luwak. Citarasa kopi lanang lebih lembut, dengan aroma lebih wangi dan khas, lebih asam serta rasanya lebih padat (full). [deira]

Leave a Reply

%d bloggers like this: