Mengenal Amnesti Kopi Lampung

By  |  0 Comments

Amnesti berasal dari bahasa Yunani yaitu Amnestia. artinya sebuah tindakan mengembalikan status tak bersalah kepada yang sudah dinyatakan bersalah sebelumnya

Jika dihubungkan dengan kopi artinya kopi yang tadinya sudah salah dikembalikan lagi menjadi tidak salah. Filosofi ini yang coba dicapai oleh sebuah kedai kopi di Lampung Indonesia, kedai Amnesti Kopi.

Artinya, jika kopi jika diolah dan diseduh dengan benar maka lebih banyak manfaat kesehatannya dibandingkan efek negatifnya. Untuk itu Amnesti Kopi mengandalkan proses seduh manual (manual brewing), dalam arti semua dikerjakan dengan tangan dan keahlian tanpa bantuan mesin kopi.

amnesti4

Amnesti Kopi yang berdiri Januari 2016 mempunyai misi untuk mengenalkan kopi yang sebenarnya dan berharap visi tercapai. Yaitu masyarakat Lampung mengerti dan bangga akan kopi hasil tanahnya sendiri.

amnesti3

Amnesti Kopi adalah tempat ngopi berkonsep kedai,sehingga konsumen bisa santai berinteraksi langsung dengan penyeduh (barista). Desain meja bar yang rendah agar proses seduhan kopi bisa diikuti dengan detail. Pelanggan juga disajikan banyaknya pilihan kopi agar bisa menjelajahi kopi-kopi yang ada di nusantara dan dibebaskan mencampur beberapa varian kopi, bahkan dipersilahkan untuk menyeduh kopinya sendiri.

amnesti6

Lampung sebagai salah satu penghasil kopi robusta terbesar di Indonesia bahkan dunia. Bukan sesuatu yang ganjil jika masyarakat Lampung terbiasa dengan rasa pahit khas robusta yang diminumnya sejak pertama mengenal kopi.

amnesti17

Tantangan tersendiri untuk lebih mengenalkan kopi robusta Lampung kepada masyarakat Lampung sebagai tuan tanah untuk menciptakan iklim budaya ngopi yang baik dan benar.

amnesti16

Lebih dari 20 varian kopi arabika dan robusta dihadirkan di Amensti Kopi. Tiga di antaranya adalah robusta Lampung, yang terdiri dari kopi proses semi wash dari Liwa, Lampung Barat, kopi proses full wash dari Way Tebu, Lampung Barat dan kopi proses natural dari Batu Lima, Tanggamus.

amnesti12

Pengelolaan kedai seperti warung kopi pada umumnya, berharap menciptakan iklim dan edukasi kopi mudah diterima dengan masyarakat awam. Edukasi kopi dimulai dari awal agar tidak merusak rasa yang sudah mengakar di lidah masyarakat.

amnesti15

Belajar ngopi yang baik dan sehat dimulai dari roastbean, proses seduh, sampai akhirnya tahapan rasa. Menurut Amnesti Kopi: “Kopi tidak pernah salah, kopi adalah selera, selama itu kopi yang diolah dengan baik.”

amnesti13

amnesti14amnesti11

amnesti9amnesti8

amnesti7amnesti5

Amnesti Kopi selalu berharap, mata rantai kopi akan tersusun kembali dimulai dari penikmat hingga kembali ke petani-petani kopi yang ada di Lampung. Sehingga, derajat kopi Lampung akan semakin tinggi dan akan muncul inovasi-inovasi baru dalam perkembangan dunia kopi Indonesia.

amnesti2

Sekilas Amnesti Kopi:
Amnesti Kopi berdiri pada hari Sabtu, 23 Januari 2016.
Alamat: Jl. Hasanuddin A-5, Pasar Kangkung, Teluk Betung, Bandar Lampung
Jam buka setiap hari, pukul 14.00 sampai dengan 24.00 WIB.

Leave a Reply

%d bloggers like this: