Obrolan Warung Kopi Buat Warkop DKI Reborn Tembus 5 Juta Penonton

By  |  0 Comments

warkop1

Warkop DKI Reborn menembus angka 5 juta penonton dalam 15 hari penayangannya di bioskop. Angka ini angka fantastis bahkan melampaui film fenomenal Indonesia sepanjang masa Laskar pelangi.

Apa kunci yang membuat Warkop Reborn begitu diserbu penonton? Jelas penonton masih sangat lekat dengan sosok Dono, Kasino dan Indro dengan lawakan-lawakan cerdasnya. Dejavu kalau menurut istilah Indro saat film Warkop DKI menembus angka 5 juta penonton. Ya kenangan. Tidak akan ada yang bisa menghapus kenangan generasi 80-an yang sekarang tentunya sudah menjadi pejabat, orang penting dan para kepala keluarga di Indonesia.

warkop3

Namun, ada faktor lain yang tidak kalah pentingnya. Istilah warung kopi yang dipakai memang bakal melegenda sepanjang masa. Seringkali keresahan masyarakat yang tidak bisa dituangkan dalam jalur formal akan dibicarakan di warung kopi. Rules (aturan) warung kopi sangat jelas. Bebas bicara (karena yang diprotes atau diomongin toh tidak hadir), bebas ngalor ngidul tanpa sistematika dan tidak harus ada solusi.

warkop5

Ketika kopi dan warung kopi menjadi salah satu media komunikasi yang utama. Produk yang mengambil atau mengatas namakan warung kopi akan selalu laku dan dicari masyarakat.

Kejelian Warkop DKI baik Reborn maupun versi lama adalah kemampuan menyuarakan keresahan masyarakat soal tema penting yang berada di pikiran warga. Misalnya sekarang ini tentang ancaman kesatuan negara atau NKRI dan bahaya narkoba yang mengancam. Sedangkan dulu adalah masalah lingkungan hidup dan korupsi di berbagai lini.

warkop4

Indro Dejavu Dengan Warkop DKI Reborn

Yuk kita simak syair lagu warung kopi dan keberhasilan Warkop DKI Reborn menembus angka 5 juta penonton.

warkop6

Lirik Lagu Warkop DKI Reborn – Jangkrik Boss (Obrolan Warung Kopi)

Ngobrol di warung kopi
Nyentil sana dan sini
Sekedar suara rakyat kecil
Bukannya mau usil

Sambil minum kopi
Ngobrol sane sini
(sane situ juga boleh)
Sambil ngaduk ngaduk kopi
Eh jangan bawa ke hati
(Eh jantung boleh lah)

Boleh kita berbeda pilih pemimpin
(Asal yang bener)
Tapi kalo NKRI sudah harga mati
(Gak bisa ditawar)

Ngobrol di warung kopi
Nyentil sana dan sini
Sekedar suara rakyat kecil
Bukannya mau usil

Hai kau pemuda ayo naik kuda
(Daripada naik odong-odong)
Hai kau pemudi boleh juga nyoba
(Ya nyoba odong-odong)

Mari kita bersatu serta waspada
Mengobarkan semangat perang
Melawan narkoba
(Setuju.!!…korupsi juga ya!)

Ngobrol di warung kopi
Nyentil sana dan sini
Sekedar suara rakyat kecil
Bukannya mau usil
Bukannya mau usil

warkop2

Di versi lamanya seruan ke pemuda dan pemudinya menyuarakan topik yang lain, ini versi yang saya dengar sendiri di tahun 80-an.

Hai kau pemuda bukalah celanamu

Hai kau pemudi bukalah bajumu

Bergelut bersama bahu membahu

Membersihkan sampah-sampah lingkungan hidupmu

Kala itu masalah kebersihan lingkungan menjadi perhatian utama Warkop DKI dan obrolan masyarakat di warung kopi

Di bagian lainnya

Nenek-nenek senam pagi

Eh Sexy Sekali

Boleh nyunat cucu haji

Asal jangan nyunat gaji (wah kualat)

Kala itu menyuarakan anti korupsi masih sangat berhati-hati, maklumlah masih era orde baru

warkop12

Warkop DKI Reborn Tembus 5 Juta Penonton

Setelah mengalahkan sejumlah film laris lain pada Box Office Indonesia, ‘Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1’ berhasil menggeser posisi film terlaris sepanjang masa, ‘Laskar Pelangi’.

warkop7

Selama kurang lebih dua pekan ditayangkan, Warkop DKI Reborn kini telah mencapai sekitar 5 juta penonton.

Sementara jadi film terlaris sepanjang masa yang diperoleh Laskar Pelangi (2008) hanya bertengger diangka 4.631.841 penonton.

Perolehan tersebut berhasil menggeser posisi film Laskar Pelangi yang selama bertahun-tahun tetap menjadi film terlaris, kini menjadi posisi kedua.

Mengetahui informasi terbaru soal jumlah penonton, produser Falcon Picture, Frederica mengaku, hal tersebut menjadi prestasi besar bagi Warkop DKI Reborn.

“Saya sangat bersyukur sekali, saat kita telah melampaui perolehan penonton Laskar Pelangi itu sesuatu yang luar biasa buat kami dan prestasi yang sangat luar biasa,” ujar Frederica.

Jumlah perolehan penonton tersebut tentu belum akan berhenti sampai saat ini. Apalagi sampai sekarang, film yang dibintangi Abimana Aryasatya, Vino G Bastian, Tora Sudiro dan Indro ‘Warkop’ tersebut masih tayang di bioskop seluruh Tanah Air.

warkop10

Nurul Arifin, Pemeran Warkop DKI Yang Sekarang Terjun Di Dunia Politik

warkop9

Sally Marcelina Salah Satu Pemeran Wanita Warkop DKI

warkop11

Pemeran Wanita Groupies Warkop Di Era 80-90 an

Lalu apakah Frederica akan tetap memanfaatkan keresahan masyarakat dalam obrolan warung kopi pada filmnya Warkop DKI Reborn 2. Kita tunggu saja kelanjutan sequel film ini yang bakal tayang di bioskop tahun depan. Jangkrik Frederica, eh Ngopi dulu Frederica…. (Ferry Putra Utama, pemerhati Warkop DKI dan peminum kopi–Thanks to Denny Syakrie, Warkop DKI, Falcon Pictures, merdeka.com and all warung kopi fans)

 

Leave a Reply

%d bloggers like this: