Olahlah Kopi Dengan Benar

By  |  0 Comments


KOPI memang sudah ada sejak berabad-abad lalu. Minuman yang berasal dari biji kopi itu punya rasa yang khas. Biasanya kopi menjadi teman di pagi hari sebelum memulai aktivitas. Nah, seiring berkembangnya zaman, kita bisa menemukan berbagai varian kopi baru.

Menariknya, selain menjadi teman untuk mengawali aktivitas, kopi punya banyak manfaat. Misalnya meningkatkan fungsi otak, memperbaiki mood, stimulai fungsi saraf, meredakan sakit kepada hingga mengurangi risiko diabetes tipe II.

Namun, sederet manfaat tersebut tentunya akan didapat jika kamu mengolah kopi dengan cara yang benar. Bagaimana caranya? Dilansir dari Boldsky, berikut ini tips untuk membuat minuman kopimu lebih sehat.

1. Pemanis buatan

Jangan pakai pemanis buatan

Pemanis buatan sebagian besar dikemas dengan bahan-bahan yang tidak bermanfaat bagi kesehatan kamu. Meskipun mereka bebas dari kalori, pemanis dapat meningkatkan nafsu makan dan dengan demikian membuka jalan bagi obesitas, penyakit jantung, dan diabetes tipe 2.

2. Kopi organik

Pilih kopi organik

Kualitas kopi tergantung pada beberapa faktor seperti metode pengolahan dan cara kopi ditanam. Studi menunjukkan bahwa merek organik adalah yang terbaik karena tidak dibuat dengan menyemprotkan pestisida sintetis dan bahan kimia lainnya. Selalu pilih merek kopi organik, meskipun mungkin sedikit mahal dari merek normal.

3. “No” Krim dan Susu

Minum kopi hijam

Jika kamu ingin kopi yang sehat, jangan gunakan krim dan susunya. Kopi hitam memiliki kurang dari 10 kalori per cangkir. Minum kopi hitam adalah cara paling sederhana untuk membantu diri kamu dari paparan bahan kimia dan kandungan lemak dalam pemanis dan krim.

4. Pakai Coffee Drip

Pakai filter kertas (coffee drip) untuk menghindari cafestol

Kopi yang diseduh mengandung cafestol, zat yang mampu meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Nah, menyeduh kopi dengan filter kertas saring membantu menurunkan kadar cafestol dalam kopi, tapi membiarkan kafein dan antioksidan yang bermanfaat melewatinya.

5. Kakao

Tambahkan bubuk coklat (kakao) ke kopi kamu

Kaya akan antioksidan dan berbagai manfaat kesehatan lainnya, kakao adalah tambahan yang baik untuk membuat kopi kamu enak dan sehat. Menambahkan sedikit bubuk kakao ke kopi dapat meningkatkan rasanya dan juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Leave a Reply

%d bloggers like this: