Sajian Khas Rumah Kopi Tikala Di Manado

By  |  0 Comments

Sahabat rasakopi.com perkenalkan sajian khas rumah kopi Tikala di Manado yang terletak di Jl. Sudirman, Kelurahan Kumarata, Kecamatan Wenang. Tikala merupakan rumah kopi tertua di Manado. Rumah kopi ini didirikan tahun ’30-an, dan bentuk bangunannya masih seperti dulu. Bahkan ada sebuah kursi yang telah berusia 62 tahun yang masih disimpan. Konsep bangunan tua yang dipertahankan menjadi ciri khas dan daya tarik rumah kopi ini. Tikala buka dari pukul 5 pagi hingga 6 sore. Banyak orang kerap datang berdiskusi, atau bersosialisasi, dan membicarakan banyak hal di rumah kopi ini.

Sebuah Kursi Berusia 62 Tahun Di Rumah Kopi Tikala Manado. Sumber Foto : obsessionnews.com

Sebuah Kursi Berusia 62 Tahun Di Rumah Kopi Tikala Manado. Sumber Foto : obsessionnews.com

Proses memasak secara khusus membuat cita rasa kopi di rumah kopi Tikala tidak sama dengan kopi racikan di kafe. Di Tikala Kopi dimasak menggunakan arang kelapa. Penggunaan arang kelapa membuat aroma kopi lokal semakin kuat dan menebarkan rasa yang khas. Cara memasaknya adalah memasukkan satu ons kopi ke dalam teko kemudian dimasak menggunakan arang kelapa sampai mendidih. Kopi panas dituangkan ke dalam gelas atau cangkir baru ditambahkan gula atau susu sesuai selera pembeli.

Sehari rata-rata rumah kopi Tikala dikunjungi 100-150 orang. Para pengunjung selain warga Manado juga dari daerah-daerah lain. Bahkan tak sedikit wisatawan asing yang mengunjungi rumah kopi ini. Menu yang disajikan pun relatif sama sejak dulu, yaitu kopi racikan khas rumah kopi Tikala, selain kopi susu dan teh. Tersedia juga roti bakar dan aneka jenis kue tradisional, seperti lalampa dan panada.

Sahabat rasakopi.com jika kebetulan berada di Manado, silakan mampir ke rumah kopi Tikala. Seduuhh…

Leave a Reply

%d bloggers like this: