Single Origin Coffee

By  |  0 Comments

Jika anda tidak memahami makna istilah Single Origin Coffee, jangan merasa malu. Single origin coffee menjadi kosa kata baru dan trend kopi pasca lahirnya The Third Wave Coffee. Apa yang dimaksud dengan istilah single origin coffee, sekilas seakan mudah dimengerti. Istilah itu seakan begitu gamblang, dapat menjelaskan dirinya sendiri. Namun dalam kenyataan, konsep ini sungguh kompleks dan rumit. Bahkan para pelaku industri kopi pun tidak memiliki pendapat yang sama.

        Ada banyak definisi dan interpretasi tentang konsep single origin coffee. Definisi “mainstream” dari single origin coffee, yang dapat diterima oleh banyak pihak, adalah biji kopi yang dihasilkan oleh sebuah perkebunan besar atau kebun kopi rakyat di wilayah geografis tertentu dengan satu metode proses pasca panen, dan disangrai dengan satu profile untuk dapat mewujudkan keunikan cita-rasa (terroir) dari kopi tersebut.

Image result for apa itu origin coffee

        Pada hakekatnya, single origin coffee harus dipahami sebagai sebuah semangat untuk mengapresiasi biji kopi. Petani, dalam batasan tertentu adalah seorang artis, yang menggunakan agroklimat sebuah wilayah (4S – soil, shade, sunsea-level) sebagai medium untuk menghasilkan karya estetis berupa nuansa karakter cita-rasa kopi. Ide dasar terpenting dari konsep ini adalah keunikan karakter cita-rasa tersebut. Di sini anda harus mengartikan bahwa anda meminum sesuatu yang unik dan hanya dapat dihasilkan oleh satu tempat di dunia.

        Keberagaman agroklimat, varietas kopi serta metode pemrosesan pasca panen di semua wilayah penanaman kopi di Indonesia melahirkan banyak keunikan karakter cita-rasa kopi. Dengan menerapkan definisi single origin coffee secara relatif moderat, setidaknya ada sembilan single origin coffee Indonesia yang dikenal di kalangan industri maupun aficionados kopi di dunia: Lintong, Sidikalang, Gayo, Toraja, Kalosi, Java Estate, Kintamani Bali, Bajawa Flores, dan Wamena Papua.

        Kami di Java Qahwa, selalu melakukan cup taste untuk mendapatkan kopi terbaik dari satu bagian tertentu dalam sebuah wilayah penghasil kopi. Kami tidak berani menyatakan sebagai micro-lot, namun kami menjamin bahwa bagian kebun yang kami pilih, memberikan kopi terbaik dari yang terbaik dari wilayah tersebut.

        Biji kopi terbaik sekalipun, tidak akan terwujud kualitasnya tanpa keahlian dan ketelitian penyangrainya (master roaster). Sebagaimana batu manikam, tanpa pemoles yang ahli, tak akan keluar gemerlap kilau intannya. Inilah tahap paling kritis dari biji kopi. Dan keahlian ini menjadi bagian dari Java Qahwa. Kami berkewajiban mengeluarkan semua potensi estetis yang dimiliki, seperti keunikan dan richness aromatik dari kopi, menyuguhkan karakteristik khas kopi tersebut, serta memunculkan sweetness dan mouthfeel yang dimiliki oleh single origin cofee tersebut.

        Single origin coffee dari Java Qahwa ditujukan untuk dinikmati dengan metode brewing: diseduh/perendaman seperti kopi tubruk, french press, dan siphon; direbus sebagaimana para cowboy membuat kopi, atau turkish coffee; menggunakan filtrasi dan drip seperti pour-over, QDrip dan dutch drip. Kami kurang menganjurkan penggunaan kopi ini untuk espresso. Acidy yang bright pada beberapa single origin coffee akan meningkat intensitasnya, sehingga akan mengganggu kenikmatan anda.

Leave a Reply

%d bloggers like this: