Waktu Tepat Minum Kopi Selama Bulan Puasa

By  |  0 Comments

Bulan suci Ramadhan 1440 Hijriah, sudah memasuki 10 hari awal. Selama satu bulan penuh, kita akan berpuasa di bulan ini. Walau demikian, puasa bukanlah penghalang bagi pecinta kopi, untuk tetap bisa menikmati minuman ini. Tidak bisa dipungkiri, jika penikmat kopi aktif sering merasakan pusing dan lelah, jika sehari saja tidak meminumnya.

Bagi Anda yang memiliki kebiasaan ritual pagi dengan minum kopi, tidak perlu galau. Anda tetap bisa konsumsi kopi selama bulan suci Ramadhan 1440 Hijriah. Hanya saja waktunya saja yang sedikit berubah.

Nah, kira-kiran kapan saja ya waktu yang paling tepat untuk menikmati kopi saat bulan puasa?

Satu Jam Setelah Buka Puasa

Sebaiknya hindari minum kopi dalam keadaan perut kosong. Kadar kafein yang tinggi dari kopi akan meningkatkan pelepasan asam lambung, terutama bagi penderita maag. Perut Anda bisa kembung dan sakit melilit.

Ngopi Saat Buka Bisa Saja Asal Diberikan Jeda Waktu

Bagi penimum kopi aktif yang tidak memiliki masalah lambung, minum dalam keadaan perut kosong pun tidak masalah. Namun, sebaiknya kopi dinikmati sekitar satu hingga dua jam setelah makan buka puasa. Untuk penderita maag, kopi jenis Arabika lebih aman karena kadar kafeinnya rendah.

Malam Hari

Tak perlu khawatir dengan ajakan teman untuk ngopi malam-malam setelah menjalankan salat Tarawih. Takut waktu istirahat jadi kurang karena minum kopi terlalu malam?

Ngopi Sehabis Tarawih Pun Bisa Dilakukan

Decaf coffee atau kopi tanpa kafein bisa jadi pilihan, kalau Anda tidak ingin tidur terganggu. Kopi murni dengan kafein juga boleh saja diminum ketika ingin terjaga lebih lama. Misalnya untuk itikaf di masjid dan tadarus Alquran atau lembur menyelesaikan pekerjaan.

Decaf coffee dan berbagai macam kopi dengan variasi kadar kafein dan keasaman banyak dijual di kafe-kafe modern. Decaf coffee bisa ditemukan juga di pasaran dalam bentuk kemasan. Sebaliknya, warung kopi tradisional kebanyakan menjual kopi murni dengan kadar kafein yang cukup tinggi.

Menjelang Imsak

Bagi yang biasa minum kopi di pagi hari, minum secangkir saat sahur juga sama efeknya. Lebih baik lagi diminum terakhir mendekati waktu imsak. Kafein akan membuat tubuh terjaga sekitar 20 menit ke depan.

Selain itu, kafein juga bisa meningkatkan konsentrasi dan mempertajam memori. Cukup membantu kalau kita ingin beribadah lebih lama sebelum dan sesudah salat Subuh, seperti membaca atau menghapal Alquran. Jangan lupa minum air putih yang cukup saat sahur, minimal dua gelas agar tidak dehidrasi.

Kopi Bisa Meningkatkan Konsentrasi Saat Membaca

Jadi, Anda tidak perlu khawatir mengonsumsi kopi saat puasa. Kandungan antioksidannya yang tinggi, dapat membuat daya tahan tubuh lebih kuat dan tidak mudah jatuh sakit.

Hanya saja pada saat puasa, frekuensinya perlu dikurangi ya. Sebab, kopi juga mengandung zat adiktif yang berpengaruh kurang baik bagi tubuh jika dikonsumsi terlalu banyak.

Leave a Reply

%d bloggers like this: